Megapolitan

Banpres Produktif Kota Bogor Tersalurkan bagi 88.798 Usaha Mikro

INDOPOSCO.ID – Program Bantuan Presiden Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) di Kota Bogor telah tersalurkan ke 88.798 pelaku usaha mikro dalam 12 tahap dengan masing-masing menerima Rp1,2 juta hingga bulan ini.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor Samson Purba,  Selasa (21/9), menyebutkan, jumlah penerima BPUM sebanyak 88.798 pelaku usaha mikro itu hampir dua kali lipat dari jumlah UMKM binaan instansinya yang mencapai 45 ribu UMKM.

“Pemerintah memang meringankan syarat, banyak pelaku usaha yang berbondong-bondong daftar minta dibantu, meskipun belum terdaftar jadi binaan kami,” kata dia, seperti dikutip dari Antara.

Menurut Samson, hingga pertengahan Juni 2021 telah ada 94 ribu pelaku usaha yang mendaftar mengajukan dana BPUM. Dari jumlah itu kini telah cair dana masing-masing Rp1,2 juta untuk 88.789 pelaku usaha atau 86,22 persen.

Kemudian sisanya, yang masih menunggu kabar persetujuan dan pencairan sebanyak 13,78 persen atau 5.470 pelaku usaha.

Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) merupakan program Kementerian Koperasi dan UMKM sejak tahun 2020. Program ini bertujuan untuk membantu dan menjaga keberlangsungan usaha para pelaku usaha mikro menghadapi dampak pandemi Covid-19.

Jumlah pelaku usaha mikro yang ditargetkan pemerintah pusat mendapatkan BPUM sebanyak 12,8 juta orang di seluruh Indonesia.

Pencairan BPUM akan berlangsung hingga Desember 2021 melalui dua bank pemerintah yakni BRI dan BNI kepada masing-masing penerima yang telah disetujui oleh Kementerian Koperasi dan UMKM.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button