Megapolitan

Filosofi Ikat Kepala Betawi Jakarta International Stadium

INDOPOSCO.ID – Desain bangunan utama Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara berasal dari filosofi ikat kepala khas Betawi. Sementara desain bagian depannya memiliki lubang-lubang kecil dari filosofi ornamen Betawi yakni gigi balang.

“Ikat kepala khas Betawi itu bentuknya kain melingkar dan unik. Kami transformasikan dalam desain bangunan utama stadion, berupa kubah, seperti mangkok yang tidak terputus dan bentuk dasar lingkaran,” kata Manajer Proyek PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Arry Wibowo dalam siaran langsung pada akun Instagramnya, di Jakarta, Minggu (12/9/2021) malam.

Dia menambahkan, sedangkan bagian depan bangunan yang ada lubang-lubang kecil diinspirasi dari ornamen Betawi gigi balang. “Kalau sering melihat ornamen Betawi gigi balang. Itu kami ambil untuk bagian dari perforasi fasad,” tandasnya.

Arry menjelaskan, bagian muka bangunan atau fasad JIS akan memiliki perforasi yang dari jauh tampak membentuk seperti corak harimau. “Lubang-lubang itu juga stilasi dari filosofi ornamen gigi balang,” ujarnya dikutip Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button