Megapolitan

Jalur Khusus Road Bike di DKI Ada Pembatasan Waktu

Sebelumnya, Anggota fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak mengritisi rencana Gubernur Anies Baswedan memfasilitasi pada sepeda jenis “road bike” yang menurutnya hanya fokus mengurusi hobi.

Bahkan fasilitas pesepeda yang kerap dibuat Anies belakangan ini sangat tidak terukur. Sebab, pengguna sepeda disebutnya hanya sekitar 0,1 persen dari warga Jakarta.

“Sejak 2019 saya sudah sampaikan betapa besar dana untuk jalur sepeda, tetapi tidak berfungsi. Kita estimasi tidak sampai 0.1 persen pengguna sepeda dibanding masyarakat pengguna transportasi lain,” ujar Gilbert, Rabu (2/6).

Berita Terkait

Dalam pelaksanaannya, Gilbert menilai sekarang ini pandangan akan penggunaan sepeda juga menyimpang dari yang awalnya direncanakan Anies. Sebab sejak tahun 2019 lalu sepeda dianggapnya sebagai salah satu transportasi ramah lingkungan karenanya dibuatkan jalur khusus.

Namun sekarang ini Anies malah mengakomodir sepeda yang lebih khusus seperti “road bike”. Artinya ia lebih sibuk mengurusi hobi ketimbang masalah transportasi.

“Ini pemborosan energi, sumber daya karena hanya mengurus hobi, bukan alat transportasi. Awalnya konsep sepeda disampaikan ke DPRD adalah untuk transportasi ramah lingkungan,” tuturnya. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button