Megapolitan

Pemkot Jaksel Datangi Pemudik Balik Jakarta untuk Tes Usap Antigen

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah mengatakan tiga pilar, yakni pemerintah daerah, TNI dan Polri merupakan sinergi untuk menekan penyebaran Covid-19, dengan langsung mendatangi pemudik di kediamannya dan melakukan tes usap antigen.

“Pemda, TNI dan Polri termasuk relawan, kami mendata, jemput bola ke kampung bersama RT (rukun tetangga)/RW (rukun warga), kepala lingkungan untuk mendata warga yang mudik dan kembalinya harus kami pastikan bahwa warga tersebut sehat,” ujar Azis.

Dalam pemeriksaan beberapa pemudik yang sudah balik ke Jakarta Selatan itu, belum ditemukan adanya warga yang positif Covid-19 berdasarkan hasil tes usap antigen.

Sementara itu, salah satu warga setempat Takhmid yang berprofesi sebagai pedagang bubur ayam mengaku kembali ke Jakarta Selatan pada Rabu (12/5) atau sehari sebelum Idul Fitri karena biasanya pas Lebaran ramai pembeli.

Ia mengaku tidak mempunyai surat keterangan negatif Covid-19, begitu juga ketika kembali ke Jakarta tidak membawa surat keterangan negatif virus corona.

“Sehari sebelum Lebaran, saya sudah balik dari Pemalang karena biasanya pas Lebaran ramai (jualan). Tidak ada kendala saat balik ke Jakarta, saya naik motor,” katanya.

Apabila dalam pemeriksaan tes usap antigen tersebut, ditemukan hasil reaktif, maka mereka akan dites usap dengan metode “Polymerase Chain Reaction” (PCR) yang hasilnya diketahui dalam 12 jam.

Jika hasil tes PCR positif Covid-19, maka warga tersebut akan dibawa ke rumah sakit rujukan yang sudah ditetapkan pemerintah daerah. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button