Megapolitan

Stadion JIS Diharapkan Jadi Kebanggan Jakarta

Selain itu, kata Aldi, JIS juga bisa mendorong persatuan penonton di Jakarta yang berdasarkan historisnya ada perselisihan suporter klub sepak bola Persija (The Jak Mania) dan Persitara (North Jak).

“Pasti bisa jadi kebanggaan dan lambang persatuan bagi Jakarta dan Indonesia, terutama ketika dipakai oleh Timnas kita, untuk latihan misalnya. Tapi jika nantinya ini akan jadi kandang Persija, harus dicari win-win solution, jangan sampai nantinya ada percikan-percikan misalnya Stadion Tugu dikasih ke Persitara,” kata Aldi saat dihubungi di kesempatan berbeda.

Menurut Aldi, harus ada pemahaman juga terkait sejarahnya bahwa dua klub ini membawa nama Jakarta meski satu tim (Persija) berlaga di divisi teratas Liga Indonesia dan tim lainnya (Persitara) berlaga di Liga Tiga.

“Tapi keduanya pernah bertarung di divisi yang sama (Liga 1),” ucapnya.

Stadion JIS yang terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara, ini digarap oleh BUMD DKI PT Jakarta Propertindo di atas lahan seluas 221.000 meter persegi. Stadion ini diprediksi akan memiliki kapasitas 82 ribu penonton dan dilengkapi berbagai fasilitas.

Fasilitas-fasilitas yang ada akan terbilang canggih mulai dari teknologi atap, lapangan, rumput, hingga sistem keamanan yang disebut akan memakai teknologi pengindera wajah.

Upaya mencegah kerusakan fasilitas stadion oleh oknum tak bertanggung jawab nyatanya juga dipersiapkan kontraktor dengan cara mengantisipasi masuknya penonton hingga ke dalam lapangan pertandingan dengan mempersiapkan barikade di tribun yang paling bawah menggunakan material khusus serta berdimensi lebar agar sulit dilompati penonton. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button