Megapolitan

Ada Pusat Koi dan Maskoki Nusantara di Bogor

INDOPOSCO.ID – Pemerintah meresmikan Pusat Koi dan Maskoki Nusantara di Raiser Ikan Hias Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dalam rangka menyiasati semakin pesatnya peluang ekspor komoditas ikan hias Indonesia.

“Industri ikan hias Indonesia diyakini akan tumbuh seiring diresmikannya Pusat Koi dan Maskoki Nusantara di Raiser Ikan Hias Cibinong,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan (Men KP) Sakti Wahyu Trenggono di Jakarta, Minggu (7/3/2021).

Dalam peresmian yang berlangsung pada 7 Maret 2021 ini, ia meyakini bahwa produk ikan hias tidak hanya diminati oleh pasar domestik tapi juga luar negeri. Berdasarkan catatan KKP, ekspor ikan hias Indonesia senilai 33 juta dolar AS pada 2019, meningkat signifikan dari tahun 2012 sebesar 21 juta dolar AS. Selain itu, nilai ekspor ikan hias Indonesia pada tahun 2019 tersebut juga merupakan 10,5 persen dari pasar ikan hias dunia.

Hal ini, lanjutnya, membuat Indonesia tak pernah absen menjadi lima besar negara pengekspor ikan hias sejak 2010 dan menjadi yang terbesar di dunia pada 2018. Komoditas ikan hias ekspor Indonesia antara lain adalah napoleon wrasse, arwana, cupang hias, dan maskoki. Sedangkan negara tujuan utama ekspor ikan hias Indonesia adalah China, Amerika, Rusia, Kanada, dan Singapura.

Menteri Trenggono mengatakan optimalisasi potensi produksi dan ekspor ikan hias Indonesia ke pasar dunia dalam pengembangannya harus tetap memperhatikan perlindungan dan pelestarian. Ketelusuran, sertifikasi, registrasi dan prinsip kehati-hatian juga harus menjadi perhatian.

“Antara ekologi dan ekonomi harus sama-sama dijaga,” ujar Trenggono saat meninjau Pusat Ikan Koi dan Maskoki Nusantara dalam siaran pers yang dilansir Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button