Nasional

Mega: Nasionalis dan Religius Harus Bersatu

INDOPOSCO.ID – Hubungan antara PDIP Perjuangan dengan Nahdlatul Ulama makin erat. Diyakini, kolaborasi dua organisasi dengan pengikut terbesar di Indonesia tersebut akan mampu mengatasi masalah bangsa.

Hal ini dikatakan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat menghadiri secara online perayaan Harlah ke-95 NU, Minggu (31/1/2021). “Saya sangat yakin jika PDI Perjuangan dapat terus berjalan beriringan dengan Nahdlatul Ulama maka segala ancaman kebangsaan kita pasti bisa diatasi,” kata Mega.

Dalam kesempatan tersebut, Megawati juga berharap perjuangan kebangsaan yang ditunjukkan NU semakin konsisten khususnya di hari lahir yang ke-95. Megawati bersyukur kaum nasionalis dan kaum religius bisa bersatu mengatasi masalah bangsa. “Itu ditunjukkan dari hubungan PDI perjuangan dengan Nahdlatul Ulama yang sangat dekat dan beriringan,” ujar ibu dari Ketua DPR Puan Maharani tersebut.

Di zaman perjuangan dahulu, kata Mega, kedekatan kaum relijius dan kaum nasionalis ditunjukkan oleh kedekatan Proklamator RI Bung Karno dengan Kiai Haji Hasyim Asy’ari dan Kiai Haji Abdul Wahab Hasbullah, serta para pendiri NU lainnya.

“Saya tidak akan pernah lupa, Bung Karno diberi gelar oleh Nahdlatul Ulama, yaitu Waliyul Amri Addharuri Bi As Syaukah, gelar yang merupakan dukungan besar warga nahdliyin pada kepemimpinan beliau yang disahkan dalam Muktamar Nahdlatul Ulama di Surabaya tahun 1954,” jelas Megawati.

Kedekatan Bung Karno dengan kiai dan warga Nahdliyin itu harus diteruskan oleh generasi muda saat ini. (nas)

Sponsored Content
Back to top button