Nasional

Mau Tahu Bagaimana Napi Sambut HUT RI? Ini yang Dilakukan Mereka

INDOPOSCO.ID – Bagaimana jika para narapidana ikut meramaikan peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia RI? Inilah kegiatan yang terlihat dalam Prison Art Show (PAShow) warga binaan se-Tanggerang Raya.

PAShow ini menampilkan berbagai pertunjukan seni oleh warga binaan pemasyarakatan dari UPT se-Tangerang Raya di antaranya Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, Lapas Kelas I Tangerang, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Tangerang, Lapas Kelas IIA Tangerang, Lapas Perempuan Kelas IIA Tangerang, dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Tangerang.

PAShow merupakan bagian dari rangkaian program khusus PAS TV ‘76 Jam Pemasyarakatan Menuju 76 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia’ yang tayang setiap hari mulai 10 Agustus hingga 16 Agustus 2021.

anymind

Kegiatan yang ditampilkan mulai dari pertunjukan band, angklung, musik etnik, lenong kabaret, rampak bedug, tari genjring, akustik, pembacaan puisi, testimoni pendidikan, pameran, acara bincang-bincang, hingga pameran virtual hasil karya narapidana se-Tangerang Raya.

“PAShow ini juga dijadikan sebagai ajang untuk menampilkan talenta dan kreativitas warga binaan sebagai hasil kegiatan pembinaan yang terus berjalan di UPT pemasyarakatan meskipun dalam kondisi pandemi,” kata Sekretaris Direktorat Jendral Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI Heni Yuwono melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (15/8/2021).

Dia mengatakan, pemaknaan Hari Kemerdekaan tidak terbatas ruang dan waktu. Di unit pelaksana teknis (UPT) pemasyarakatan, “merdeka” dapat dimaknai sebagai merdeka dari narkoba atau merdeka dari kejahatan lainnya.

Ini termasuk pula, lanjut Heni, merdeka memiliki makna bebas dari Covid-19 hingga merdeka untuk belajar dan berkarya. PAShow dihadirkan sebagai hiburan bagi warga binaan di tengah pandemi sekaligus membangkitkan semangat kebangsaan serta kecintaan terhadap negara melalui peringatan kemerdekaan.

“Mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, kegiatan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” tandasnya dilansir Antara.

Senada dengan itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Banten Agus Toyib menambahkan, kegiatan PAShow mengusung tagline ‘Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, Banten Pasti Juara’.

Menurut dia, kegiatan itu dapat dijadikan sebagai momentum bagi warga binaan untuk unjuk kebolehan. “Kami ingin menyampaikan pesan bahwa warga binaan tetap bisa berkarya layaknya masyarakat pada umumnya,” katanya. (aro)

Sponsored Content
Back to top button