Nusantara

Masyarakat Lampung Keluhkan Minimnya Tes Covid-19 Gratis

INDOPOSCO.ID – Masyarakat di Lampung mengeluhkan masih minim pelaksanaan tes antigen dan PCR gratis bagi masyarakat sebagai upaya deteksi dini Covid-19.

Kiky salah seorang warga di Bandarlampung, Sabtu mengatakan tes Covid-19 gratis bagi masyarakat tidak tersedia selama dirinya dan keluarga ingin mendeteksi diri dari paparan Covid-19.

“Awal saya yang terpapar dan karena ada keluarga seperti suami, anak dan orang tua di rumah tentu mereka berkontak erat dengan saya, namun semua tes antigen bayar sendiri sebab saya telah melaporkan kepada petugas tidak ada respons,” ucapnya.

anymind

Dia menjelaskan selama proses isolasi mandiri tidak ditemukan pelacakan kasus Covid-19 bagi yang berkontak erat sesuai peraturan yang ada.

“Tidak ada tracing juga, jadi hanya isolasi mandiri di rumah. Obat beli sendiri, semuanya mandiri, harapannya di tengah keadaan yang seperti ini warga isolasi mandiri harus diperhatikan sebab tidak tahu kapan gejala yang berat akan datang, dan akan lebih baik bila disediakan tempat khusus agar tidak menular,” katanya seperti dikutip Antara, Sabtu (14/8/2021).

Hal serupa juga dikatakan oleh salah seorang warga asal Kabupaten Lampung Selatan, Oktavia yang telah menjalani masa isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19.

“Untuk tes Covid-19 seperti antigen dan tes usap kemarin bagi keluarga ke klinik dengan biaya sendiri, sebab sudah mencoba melaporkan kepada pihak terkait tapi tidak ada tanggapan,” ujar Oktavia.

Menurutnya, karena tidak ada pelacakan kasus Covid-19 oleh petugas survailans, untuk mencegah penularan maka dirinya mengambil inisiatif untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Supaya tidak menular ke tetangga atau yang lainnya kami semua isolasi mandiri, tapi ada beberapa anggota keluarga yang lansia di bawa ke rumah sakit, seharusnya agar tidak menular ada tracing dan tes gratis sebab tidak semua orang memiliki biaya untuk itu,” ucapnya lagi. (mg1)

Sponsored Content
Back to top button