Nasional

Masyarakat Diminta Waspada, BMKG Peringatkan Bencana Hidrometeorologi Sepekan ke Depan

INDOPOSCO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meramalkan cuaca ekstrem terjadi pada dua hari ke depan. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

“Waspada, cuaca ekstrem dan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di Maluku, Papua dan Papua Barat pada 22 Juli dan 23 Juli 2021,” demikian peringatan dini dilansir dari laman resmi BMKG, Rabu (21/7/2021).

BMKG juga memprediksi terjadinya gelombang sangat tinggi (4 hingga 6 meter) terjadi di area perairan Samudera Hindia Barat Selatan Banten.

Sementara potensi tumbuhnya awan cumulonimbus (CB), menurut BMKG, terjadi di wilayah udara Indonesia dengan persentase cakupan spasial maksimum antara 50 hingga 70 persen (OCNL/Occasional) selama tujuh hari ke depan.

Diprediksi CB tumbuh di wilayah udara sebagian Bengkulu, sebagian Lampung, sebagian Banten, sebagian Jawa Barat, sebagian Kalimantan Utara, sebagian Kalimantan Timur, sebagian Kalimantan Barat.

Lalu, CB juga tumbuh di wilayah udara sebagian Sulawesi Tengah, sebagian Maluku Utara, sebagian Maluku, Papua Barat, Papua, Selat Sunda, Laut Banda, Laut Seram, Laut Halmahera, Samudera Pasifik Utara Papua Barat dan Papua serta sebagian Laut Arafuru.

“Masyarakat diimbau waspada potensi cuaca ekstrem hingga sepekan ke depan (hujan secara sporadis, lebat dan durasi singkat, disertai petir, angin kencang bahkan hujan es),” ungkap BMKG.

“Masyarakat juga diimbau potensi bencana hidrometeorologi berupa banjir bandang, tanah longsor, puting beliung terutama wilayah rawan bencana hidrometeorologi,” imbuh BMKG. (nas)

Sponsored Content
Back to top button