Nasional

Masyarakat Diminta Rayakan Idul Adha 2021 dengan Disiplin Prokes

INDOPOSCO.ID – Pandemi Covid-19 yang belum mereda membuat kegiatan keagamaan di rumah ibadah dihentikan sementara. Umat beragama tetap bisa menjalankan aktivitas ibadah di rumah.

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1422 Hijriah, masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) untuk mengatasi lonjakan Covid-19 dibarengi munculnya beberapa varian baru.

Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag, M Fuad Nasar menjelaskan, protokol kesehatan yang dimaksud yakni, tata cara pelaksanaan ibadah dan ritual Idul Adha yang memicu kerumunan massa.

“Marilah kita rayakan Hari Raya Idul Adha ini dengan disiplin dan protokol kesehatan ketat,” kata Fuad dalam keterangannya, Rabu (14/7/2021).

Berbagai kegiatan ibadah dan ritual antara lain seperti peniadaan takbiran, peniadaan Salat Idul Adha berjamaah, hingga tata cara penyembelihan hewan kurban.

Pemerintah berharap semua pihak dapat bersama-sama menjamin tidak terjadi kerumunan saat prosesi penyembelihan kurban.

“Hendaknya ibadah kita semua akan membawa kemaslahatan bagi seluruh umat dan kita dapat segera melalui pandemi Covid-19 ini,” tuturnya.

Untuk takbiran dan Salat Idul Adha, Kemenag telah mengeluarkan surat edaran yang melarang pelaksanaan takbiran baik di mesjid, musala, maupun takbiran keliling

Surat Edaran tertuang dalam Nomor SE 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah yang ditandatangani pada Selasa, 15 Juni 2021. (dan)

Sponsored Content
Back to top button