Nasional

Masyarakat Diimbau Tak Unggah Sertifikat Vaksinasi Covid di Medsos

INDOPOSCO.ID – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meminta masyarakat untuk tidak mengunggah sertifikat telah mengikuti vaksinasi Covid-19 ke media sosial. Langkah ini dimaksudkan untuk melindungi data pribadi orang yang telah divaksin.

“Pada saat kita melakukan vaksinasi dan menggunakan aplikasi, termasuk aplikasi PeduliLindungi yang ada barcode di dalamnya, saya secara khusus minta jangan diobral sertifikat kita demi untuk melindungi data pribadi. Kita gunakan untuk kepentingan yang memang dibutuhkan dan dapat kita pertanggungjawabkan untuk keperluan kita,” kata Johnny dikutip Antara, Jumat (19/3/2021).

Selain tidak diunggah ke media sosial, Johnny juga meminta masyarakat tidak membagikan hasil pindaian sertifikat vaksinasi kepada orang lain secara personal, sekalipun dalam lingkungan kerabat terdekat.

“Saya tentu berharap sertifikat vaksin yang diterbitkan secara digital yang adabarcode-nya itu menjadi kepentingan kita sendiri dan kita jaga itu agar kita hindari dari kebocoran data pribadi,” kata Johnny.

Sertifikat vaksinasi Covid-19 hanya bisa digunakan untuk kepentingan khusus atau mendesak, misalnya untuk keperluan perjalanan tugas pekerjaan. “Bukan diedarkan di media sosial,” kata Johnny.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button