Internasional

Masuk China Dipermudah lewat Hong Kong

INDOPOSCO.ID – Setelah sempat menutup diri pascabebas dari Corona, kini China mempermudah kedatangan warga asing ke negeri tirai bambu tersebut. Otoritas China mempermudah permohonan visa bagi warga negara asing yang memasuki wilayah daratan Tiongkok itu melalui Hong Kong.

Namun untuk mendapatkan visa tersebut para pemohon harus bisa menunjukkan sertifikat yang menerangkan telah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 buatan China.

Untuk memulai kembali arus keluar-masuk antara China dan beberapa negara, maka mulai Senin (15/3/2021), Kantor Komisioner Kementerian Luar Negeri China di Daerah Administrasi Khusus Hong Kong (HKSAR) memberikan kemudahan fasilitas permohonan visa.

Beberapa jenis visa yang bisa dikeluarkan bagi WNA yang hendak memasuki China melalui Hong Kong, di antaranya untuk keperluan bisnis, bekerja, dan bertemu keluarga (family reunion).

Pemegang visa bisnis dari negara-negara anggota APEC yang mendapatkan vaksin buatan China, seperti Indonesia dan Malaysia, juga diberikan kelonggaran memasuki China sebagaimana laporan sejumlah media yang dihimpun Antara di Beijing.

Bukti hasil negatif tes usap dan sertifikat kesehatan yang dikeluarkan oleh perwakilan otoritas China di negara asal pemohon juga sudah tidak dipersyaratkan lagi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button