Nusantara

Masih Zona Merah, Pemkab Serang Belum Ubah Jadwal Pilkades Serentak

INDOPOSCO.ID – Meski Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 25 Juli 2021, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang hingga kini belum mengubah jadwal pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2021 yakni 1 Agustus 2021.

Pelaksanaan Pilkades pada 1 Agustus pun merupakan perubahan jadwal awal yang sebelumnya ditentukan pada 11 Juli 2021. Lantaran adanya Instruksi Mendagri Nomor 15 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat terhitung 3 sampai 20 Juli 2021.

Asisten Daerah I Bidang Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Serang, Nanang Supriatna menjeskan, dengan di perpanjangnya masa PPKM Darurat, dia berharap tidak diperpanjang lagi. Maka, Pilkades tetap dilaksanakan 1 Agustus 2021.

“Tapi kami panitia akan di rapatkan besok Jumat (23 Juli 2021) jam 9 membahas tentang evaluasi pelaksanaan pilkades dan kegiatan kesiapan pencoblosan pilkades serentak tahun 2021,” ujar Nanang, Kamis (22/7/ 2021).

Kendati demikian, jika PPKM Level 4, tren penyebaran dan kematian akibat covid-19 belum ada penurunan. Maka pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Serang berpotensi diundur.

“Tapi, kalau potensi bisa diundur bisa tidak. Cuma sementara kita ini masih belum mengubah jadwal pada 1 Agustus karena sudah ada SK Bupati, SK Panitia Pilkades Kabupaten Serang ditandatangani Pak Sekda (Sekretaris Daerah),” kata Nanang.

Mantan Camat Waringin Kurung ini kembali memastikan, jika rapat evaluasi besok Jumat, 23 Juli akan menentukan apakah tetap dilaksanakan atau di undur kembali. Terlebih, jika ada perpanjangan PPKM level 4.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button