Nusantara

Mantan Kakanwil BPN Banten Andi Tenri Abeng, Dipuja Anak Buah Dikenang Organisasi Eksternal

INDOPOSCO.ID – Kiprah seorang pejabat publik dinilai dari prestasi yang ditorehkan saat menjabat. Itu pula yang terkenang dari Andi Tenri Abeng di Provinsi Banten, di mana dirinya pernah bertugas selama tiga tahun memimpin Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan (BPN) Provinsi Banten.

Abeng-begitu pejabat eselon II Kementerian ATR/BPN ini biasa disapa, tercatat sebagai pejabat paling lama dalam sejarah kepemimpinan di Kanwil BPN Provinsi Banten.

Selama tiga tahun menjadi orang nomor satu di BPN Banten, sudah banyak prestasi dan inovasi yang dilakukan Abeng, termasuk merubah image dan stigma BPN yang selama ini dikenal sebagai lembaga yang eksklusif menjadi lembaga yang terbuka kepada masyarakat dan organisasi horisontal, semisal dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, Polda Banten,TNI, Kejati Banten dan IPPAT (Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah).

Banyak kesan yang tak terlupakan oleh anak buahnya saat dipimpin oleh wanita yang akrab disapa Ibu Abeng ini. Lantaran, Abeng memperlakukan anak buah atau stafnya, sebagai mitra untuk kemajuan BPN Banten agar dicintai oleh masyarakat.

Kesan mendalam itu disampaikan Teguh Wieyana, Kepala BPN Kabupaten Serang yang mengaku sangat bersyukur pernah dipimpin oleh Abeng.

“Kepemimpinan beliau buat saya sangat menginspirasi, seperti tak pernah lelah, selalu berusaha hadir pada setiap kesempatan, energik, smart dan luar biasa,” ujar Teguh kepada INDOPOSCO, Jumat (13/8/2021).

Teguh juga mengungkapkan, kesan yang tak terlupakan saat dipimpin oleh Abeng karena selalu membela anak buah, dan selalu berada di garda terdepan saat anak buah menghadapi masalah. ”Beliau selalu akan membela, tidak tinggal diam, men-support dan berdiri di depan mana kala jajarannya dihadapkan pada masalah yang rumit terkait pertanahan,” paparnya.

Tak hanya itu, Abeng di mata Teguh juga sebagai sosok ibu yang selalu memperlihatkan semangat kerja yang tinggi setiap saat di depan anak buahnya.

”Selama saya bersama beliau sudah hampir kurang lebih 3 tahun, sepertinya saya belum pernah melihat beliau tidak semangat. Selalu memotivasi agar kita selalu bekerja lebih baik dari waktu ke waktu,” cetus mantan kepala BPN Pandeglang ini.

Teguh juga menuturkan, masalaah perhatian terhadap para staf tak perlu diragukan lagi. Baik itu masalah pekerjaan maupun urusan keluarga. ”Masalah perhatian jangan ditanya, beliau sangat perhatian pada semua staf.Baik urusan kerjaan maupun urusan keluarga,” cetusnya.

Teguh juga mengatakan, Andi Tenri Abeng bagian dari sedikit pemimpin yang berkarakter, smart dan bersahaja. ”Insya Allah beliau akan selalu dikenang oleh semua orang yang pernah mengenalnya,” tukas Teguh.

Senada juga dikatakan oleh Antoni Selian, Kepala BPN Kota Padang, Sumatera Barat yang pernah selama 2,3 tahun dipimpin oleh Abeng saat menjabat Kepala Bidang (Kabid) Penataan Pertanahan BPN Banten.

L”Di mata saya Ibu Abeng cukup tegas, lugas dan tidak pilih kasih, karena semua staf diarahkan dan dirangkul demi kemajuan Lembaga,” kata Antoni.

”Saya sendiri terkadang kewalahan menghadapinya, terutama tentang Reforma Agraria, sangat banyak cita-cita ibu Abeng yang belum terwujud, terutama tentang kerja sama lahan di Kampung Reforma Agraria seluas 30 hektare untuk mensejahterakan masyarakat,” sambungnya.

Selama dua tahun tiga bulan mendampingi Andi Tenri Abeng memimpin BPN Banten, Antoni mengaku banyak pengalaman dan bimbingan yang didapatkannya. Hingga akhirnya, Antoni dipercaya menjadi Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Kota Padang, Sumatera Barat. ”Saya bisa menjadi Kakantah Kota Padang tak lepas dari peran, arahan dan bimbingan dari ibu Abeng,” tukasnya.

Sementara Riduan, Kepala Seksi (Kasi) Hubungan Hukum Pertanahan (HHP) BPN Kabupaten Lebak juga mengaku belum pernah mendapatkan pimpinan seperti Andi Tenri Abeng yang selalu hadir saat staf atau anak buah dalam keadaan suka maupun duka.

”Jika ada berita duka, beliau selalu hadir paling dulu di rumah duka memberikan semangat. Begitu juga saat ada berita suka, seperti acara pernikahan, beliau juga selalu hadir meski tempatnya jauh dan pada hari libur yang harusnya dugunkan leh beliau untuk berkumpul dengan keluarga,” cetus Riduan.

Kesan luar biasa juga diungkapkan Irul Raman Tanjung, salah satu Kepala Seksi (kasi) di Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Tangsel. ”Satu yang saya tidak pernah lupa dari Ibu Abeng (Andi Tenri Abeng) buat kami sebagai pasukannya adalah kata-katanya, ’Hayoooo Kita Berjuang Bersama dan Sukses Bersama’,” terang Irul.

Irul juga mengaku selama 3 tahun 2 hari bekerja bersama Andi Tenri Abeng sebagai Kakanwil BPN Provinsi Banten, hanya ada dua kata yakni luar biasa. ”Selamat bertugas di tempat yang baru ya bu Abeng, teriring doa semoga sukses, sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Sekali lagi, Sukses selalu buat ibu,” cetus Irul juga.

Bukan hanya di kalangan internal, di eksternal pun kinerja Andi Tenri Abeng juga dapat pujian. Seperti diungkapkan Jhon Heri Azmi, Ketua IPPAT (Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah) Kabupaten Lebak.

”Kesan saya sangat baik dan senang bekerja sama dengan Ibu Abeng. Inilah Kepala Kakanwil Banten yang sangat dekat dengan PPAT se-Banten. Semoga ibu Abeng selalu sukses dimanapun ditugaskan,” cetusnya. (yas)

Sponsored Content
Back to top button