Nusantara

Manfaat Bendungan Sindang Heula yang Diresmikan Jokowi

INDOPOSCO.ID – Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Sindang Heula yang terletak di Desa Sindang Heula, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (4/3/2021).

“Dengan mengucapkan bismillahirohmanirohim, hari ini saya resmikan Bendungan Sindang Heula di Kabupaten Serang, Provinsi Banten,” katanya.

Ia mengatakan, bendungan yang dibangun sejak tahun 2015 itu, sudag dapat difungsikan dan di manfaatkan Pemerintah Daerah (Pemda) demi kesejahteraan masyarakat.

Setidaknya, ada lima mnfaat dari Bendungan Sindang Heula yang disampaikan oleh orang nomor satu di Indonesia. Yang pertama, bendungan dapat meningkatkan produktifitas pertanian. Dengan kapasitas 9,3 juta meter kubik, bendungan ini akan memberikan manfaat irigasi terhadap 1.280 hektare sawah yang ada di Serang dan pada umumnya di Provinsi Banten.

“Sehingga kita harapkan bendungan ini dapat memberikan nilai tambah yang besar bagi para petani di Banten dalam menjamin kebersihan air yang cukup. Sehingga sekali lagi, kita bisa semakin produktif dan ketahanan pangan khususnya di Provinsi Banten,” ujarnya.

Kemudian kedua, Bendungan Sindang heula dapat menyediakan air baku bagi daerah industri yang berkembang di Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon. Selain itu, bendungan juga mampu menyediakan air baku hingga 0 sampai 80 meter kibik perdetik. Ini sudah dimulai digunakan oleh provinsi separuhnya.

Yang ketiga, bendungan bermanfaat untuk pengendalian banjir dengan mereduksi, mengurangi banjir 50 meter kibik perdetik. Dari biasanya yang sering nguap, yaitu Sungai Ciujung, Sungai Cidurian, yang sering menggenangi daerah di Kabupaten Serang dan sekitarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button