Internasional

Malaysia Akan Deportasi 1.200 Pengungsi Asal Myanmar

INDOPOSCO.ID – Malaysia berencana mendeportasi 1.200 warga Myanmar, termasuk 100 pencari suaka, kembali ke negara mereka minggu depan. Menurut para aktivis pendamping pengungsi, pemulangan itu dapat mengancam nyawa para pengungsi.

Malaysia minggu lalu dilaporkan telah menyetujui pemulangan 1.200 warga Myanmar setelah junta militer, yang saat ini berkuasa pasca kudeta awal Februari 2021, menawarkan akan mengirim kapal Angkatan Laut untuk menjemput para pengungsi pulang.

Meskipun Malaysia tidak masuk dalam daftar negara yang menandatangani Konvensi untuk Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa, pemerintah negara itu sebelumnya berjanji tidak akan memulangkan para Muslim Rohingya dan orang-orang yang telah ditetapkan sebagai pengungsi oleh Komisi Tinggi Pengungsi PBB (UNHCR).

Namun, rencana pemulangan itu membuat banyak pihak khawatir, terlebih saat UNHCR dilarang mewawancarai orang-orang yang ditahan lebih dari satu tahun di Malaysia. Karena itu, komisi PBB itu tidak bisa melakukan verifikasi dan mendata mereka.

Ketua organisasi yang mewakili pengungsi dari komunitas Muslim di Chin, Myanmar, seperti dikutip Antara, mengatakan para pencari suaka yang saat ini ditahan atau keluarganya langsung menelepon atau mengirim pesan saat mereka mendengar rencana deportasi tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button