Nusantara

MAKI Pantau Sidang Dugaan Mafia Tanah di Cakung

INDOPOSCO.ID – Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) menyoroti kasus sidang sengketa tanah di Cakung, Jakarta Timur. Kasus tersebut relevan dan patut menjadi contoh bagaimana proses peradilan untuk kasus dugaan mafia tanah.

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman, menilai aparat penegak hukum belum menunjukkan ketegasannya dalam menindak para mafia tanah di Indonesia, salah satu contohnya penanganan kasus mafia tanah di Cakung.

“Belum ada ketegasan. Kalau ada yang divonis bebas, jaksa mesti kasasi,” kata Boyamin seperti dilansir Antara dalam pernyataannya, di Jakarta, Minggu (28/2/2021) menyoroti bebasnya salah satu terdakwa, Paryoto, dari segala hukuman.

Karena itu, Boyamin menyarankan penanganan kasus di Kejaksaan Negeri Jakarta Timur harus menjadi contoh agar penanganan kasus tanah di Indonesia bisa membaik dan menyerukan agar semua pihak mengawasi jalannya persidangan kasus itu.

Anggota Komisi Yudisial, Amzulian Rifai, mengatakan, mereka tentu akan memberikan atensi terhadap kasus-kasus yang menjadi prioritas aparat penegak hukum, termasuk upaya memberantas mafia pertanahan.

Namun, kata dia, KY juga memiliki keterbatasan untuk mengawasi semua persidangan. “Alternatifnya, jika memang ada kasus-kasus yang urgent untuk diawasi, masyarakat bisa mengajukan permintaan kepada KY untuk memantau jalannya persidangan kasus tersebut,” kata dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button