Nusantara

Makan Bakso Bakar, 56 Warga Aceh Timur Keracunan

INDOPOSCO.ID – Sebanyak 56 warga Desa Sahraja, Kecamatan Pante Bidari, Aceh Timur, dilaporkan keracunan usai makan bakso bakar yang dijual di hari pekan di daerah itu.

“Semua warga yang keracunan mendapatkan pertolongan medis dan dirawat inap baik di Puskesmas Simpang Ulim dan di Rumah Sakit Zubir Mahmud di Idi,” kata Direktur Rumah Sakit Zubir Mahmud (RSZM) Aceh Timur Edy Gunawan seperti dilansir Antara, Jumat (19/3/2021).

Edy Gunawan mengatakan 56 warga yang diduga mengalami keracunan tersebut terdiri dari belasan anak-anak, remaja dan orang dewasa. Saat dirujuk ke RSZM, mereka dalam kondisi kritis.

Sekarang, kondisi warga yang keracunan sudah mulai stabil. Keracunan terjadi pada pada Kamis (18/3) sekira pukul 20.00 WIB, kara Edy Gunawan menyebutkan.

“Meskipun sudah stabil, tetapi mereka tetap harus dirawat inap karena pasien masih lemas. Sebelumnya, mereka mual, muntah-muntah, sesak napas, diare dan pusing,,” kata Edy Gunawan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur mengirimkan sampel makanan bakso yang diduga jadi sumber keracunan 56 warga ke Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Banda Aceh.

“Pengiriman sampel untuk memastikan apakah bakso yang dimakan tersebut mengandung bahan berbahaya atau tidak,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Aceh Timur Sondang Bandayani.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button