Nasional

Mahasiswa IISMA Harus Jadi Duta Budaya Indonesia

INDOPOSCO.ID – Sedikitnya ada 970 mahasiwa dari 98 perguruan tinggi (PT) di Indonesia yang lolos seleksi program Indonesia International Student mobility Award (IISMA).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Riset, Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan, para peserta IISMA akan melaksanakan pertukaran mahasiswa di 59 PT kelas dunia di 28 negara.

“Ini sungguh luar biasa. Sebuah prestasi yang membanggakan,” ujar Nadiem Makarim dalam acara daring, Senin (9/8/2021).

Melalui program-program kampus Merdeka, menurut Nadiem, pihaknya berupaya membebaskan mahasiswa dari batasan-batasan untuk belajar. Seperti batasan dalam akademik, karena semua program kampus Merdeka bernilai 20 SKS.

“Sekarang tidak ada lagi batasan dalam hal akademik, karena semua program kampus Merdeka bernilai 20 SKS,” katanya.

“Program yang kami tawarkan juga menghilangkan batas-batas bidang ilmu dan peminatan,”imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt Dirjen Dikti Kemendikbudristek Prof Nizam mengatakan, para peserta IISMA harus menjadi duta budaya Indonesia di luar negeri. Dengan memperkenalkan budaya, pariwisata dan kuliner nusantara serta keramahtamahan warga Indonesia.

“Kalian yang belum bisa masak kuliner nusantara masih ada waktu untuk belajar, minimal belajar memasak nasi goreng,” katanya.

Menurut dia, salah satu kompetensi penting di abad 21 ini adalah wawasan global. Dan calon pemimpin di masa depan harus memilikinya.

“Dari IISMA, para mahasiswa bisa mencari pengalaman, menimba ilmu pengetahuan dan membangun kompetensi global,” katanya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button