Nasional

Lonjakan Kasus Covid-19, Persi: Tidak Selalu Ada Peningkatan BOR

INDOPOSCO.ID –  Lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia cukup mengkhawatirkan. Seperti di Kudus, Jawa Tengah, Bandung, Jawa Barat dan Madura, Jawa Timur. tak sedikit lonjakan kasus Covid-19 tersebut menyebabkan layanan medis kolaps.

“Ada 2 hal yang harus dicermati pada kasus lonjakan kasus Covid-19 saat ini,” tegas Sekjen Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Lia G Partakusuma melalui gawai, Selasa (8/6/2021).

Salah satunya, menurut Lia, adalah angka peningkatan bed occupancy rate (BOR) atau okupansi tempat tidur di rumah sakit. Dan peningkatan tiap rumah sakit tidak sama.

“Saat ini ada tujuh provinsi dengan BOR lebih dari 50 persen, yakni Kepulauan Riau, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, Gorontalo, Riau dan Aceh,” bebernya.

Ia menjelaskan, dengan peningkatan BOR tidak selalu sama dengan jumlah kasus yang meningkat. Hal ini dipengaruhi oleh keterbatasan tempat tidur di rumah sakit di  tiap provinsi.

“Mungkin saja satu daerah itu tidak terjadi kasus Covid-19 tertinggi, tapi karena jumlah tempat tidur di rumah sakit kurang,” katanya.

Kendati, semakin tinggi kasus Covid-19 berdampak langsung pada rumah sakit. Karena pasien harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.

“Kami lakukan konsolidasi internal, baik itu penambahan BOR atau evakuasi ke rumah sakit lain,” ujarnya.

Sementara, lanjut dia, untuk penambahan BOR di rumah sakit mengikuti peraturan dari Kementerian Kesehatan. Apabila penambahan BOR di atas 80 persen, menurutnya, rumah sakit harus menyiapkan tempat tidur isolasi sebanyak 40 persen dan ICU 25 persen.

“Apabila penambahan di atas 60-80 persen, maka kami harus siapkan BOR untuk isolasi 35 persen dan ICU 15 persen,” ungkapnya.

Ia menambahkan, peningkatan BOR harus disertai pemantauan dan alur (pembeda ruang biasa dan isoalasi) di RS. Penambahan BOR tidak disertai sistem pemantauan, menurutnya akan gagal.

“Isolasi dan ICU ini butuh pemantauan SDM (dokter dan perawat) selama 24 jam,” ucapnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button