Nusantara

Lonjakan Kasus Covid-19 di Jateng, ini Kata Ganjar Pranowo

INDOPOSCO.ID – Melonjaknya kasus aktif Covid-19 di sejumlah wilayah di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) ternyata sudah dapat diprediksi. Sebab ketika libur panjang, pasti diikuti dengan adanya peningkatan kasus positif virus Corona.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Tengah mencatat ada delapan Kabupaten/Kota mengalami kenaikan kasus secara signifikan. Meliputi Sragen, Tegal, Brebes, Banyumas, Cilacap, Karanganyar, Wonogiri dan Kudus.

“Ini terprediksi sebenarnya. Setiap kali ada libur panjang pasti ada kenaikan (kasus),” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam rapat koordinasi penanganan Covid-19, Kamis (3/6/2021).

Berdasar catatan tahun lalu, yang terjadi di Jawa Tengah persis seperti terjadi pada 2020 bahwa peningkatan kasus aktif pascalibur panjang nasional juga menyebabkan naiknya Bed Occupancy Rate (BOR) hingga mencapai 90 persen.

Kendati telah dilakukan konsultasi dan koordinasi secara rutin terkait potensi kenaikan kasus, namun Ganjar mengakui hal itu tidak semua diantisipasi dengan baik sejumlah Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Ganjar juga menyampaikan bahwa pihaknya telah mengumpulkan kekuatan guna mendukung percepatan penanganan Covid-19 di Kudus dan sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

Kabupaten Kudus, Jawa Tengah kembali dinyatakan masuk zona merah penyebaran Covid-19 baru-baru ini setelah libur Idul Fitri 2021.

Data dari tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus hingga Senin (31/5/2021), jumlah pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit sebanyak 298 orang dan 972 orang positif Covid-19 menjalani isolasi mandiri. (dan)

Sponsored Content
Back to top button