Nasional

LIPI Ingatkan KPU Pentingnya Bangun Kepercayaan Publik

INDOPOSCO.ID – Peneliti Senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro, memberi peringatan pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait pentingnya membangun kepercayaan publik.

“Ini peringatan untuk anggota komisi yang akan datang, jadilah komisioner yang terpercaya,” kata dia ketika dihubungi Antara dari Jakarta, Jumat (6/8/2021).

Menurut dia, kepercayaan publik kepada penyelenggara Pemilu dapat meminimalkan kabar-kabar hoaks yang beredar di masyarakat, terutama hoaks mengenai kecurangan dalam Pemilu.

Keberadaan hoaks dan berbagai rumor negatif akan sangat berbahaya untuk kondisi Indonesia yang sedang dilanda pandemi. Siti menyatakan, masyarakat Indonesia masih belum siap menerima tekanan Pemilu 2024.

“Keadaan kita sedang dilanda Covid-19, di masyarakat sedang terjadi polarisasi, bila diberi tekanan lagi akibat Pemilu 2024, bisa terjadi kerusuhan,” kata dia.

Tidak ada yang menghendaki kerusuhan di tengah-tengah pandemi, kata dia, maka penting bagi KPU untuk meyakinkan masyarakat bahwa KPU dapat dipercaya dan pemilihan berlangsung dengan jujur dan adil.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button