Gaya Hidup

Lima Makanan dan Minuman yang Ampuh Melawan Dehidrasi

INDOPOSCO.ID – Rasa haus adalah salah satu sinyal bahwa seseorang mengalami dehidrasi, hal ini bisa terjadi lantaran terdalat banyak cairan yang hilang dari tubuh daripada yang masuk.

Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi, termasuk cuaca panas, obat-obatan, gangguan pencernaan, dan kelelahan. Seseorang juga mungkin merasa pingsan, pusing, haus, lelah, atau mulut kering atau kesulitan fokus saat dehidrasi.

Berikut ini adalah makanan dan minuman yang dapat menyelamatkan Anda dari dehidrasi, mengutip Healthline pada Ahad (1/8), dilansir Antara.

Air kelapa

Saat Anda mengalami dehidrasi, tubuh membutuhkan lebih dari sekadar cairan untuk mendapatkan kembali keseimbangannya. Dalam kebanyakan kasus, Anda juga harus mengisi kembali elektrolit yang hilang dalam cairan dari tubuh, seperti keringat dan urin.

Elektrolit adalah mineral yang dibutuhkan tubuh Anda untuk fungsi- fungsi penting, seperti keseimbangan cairan yang tepat dan menjaga detak jantung dalam ritme yang teratur.

Air kelapa sangat bagus untuk diminum saat mengalami dehidrasi, karena sediakan air yang sangat dibutuhkan dan memasok elektrolit dan sedikit karbohidrat. Ini sangat penting jika Anda mengalami dehidrasi dan tidak dapat menahan banyak hal lain. Air kelapa juga dapat membantu mencegah kram otot.

Misalnya, 1 cangkir (237 ml) porsi air kelapa tanpa pemanis mengandung 9 persen dari Nilai Harian( DV) buat kalium dan memiliki 45 kalori.

Sebuah studi kecil menemukan bahwa air kelapa mengisi kembali cairan yang hilang selama berolahraga seefisien minuman olahraga. Namun, peserta penelitian lebih sering melaporkan bahwa mereka merasa kembung dan sakit perut yang lebih besar setelah mengonsumsi air kelapa.

Jika Anda mengalami mual atau muntah, pastikan untuk menyesap air kelapa secara perlahan. Menenggaknya bisa membuat perut Anda sakit.

Periksa juga bahan untuk tambahan gula atau rasa. Seharusnya tidak lebih dari air kelapa yang tercantum pada label.

Kaldu dan sup

Seperti air kelapa, kaldu dan sup memberikan kandungan air dan elektrolit yang tinggi. Kombinasi ini adalah kunci dalam rehidrasi.

Kaldu tulang dan sup lain dengan protein hewani juga menyediakan kolagen. Ini adalah protein yang berasal dari hewan yang penting untuk kesehatan sendi, yang mungkin sangat penting jika dehidrasi Anda disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan.

Jika Anda membuat kaldu tulang di rumah, ingatlah bahwa memasaknya selama lebih dari 8 jam akan meningkatkan kandungan kalsium dan magnesiumnya. Mineral ini penting untuk tulang dan otot, masing- masing. Menambahkan sayuran yang berbeda juga meningkatkan nutrisi.

Misalnya, secangkir (237 ml) sajian kaldu tulang sapi mengandung elektrolit sebesar fosfor 6 persen dari kebutuhan harian, kalium 9 persen dan natrium 21 persen.

Sementara itu, natrium adalah elektrolit penting yang dibutuhkan saat Anda mengalami dehidrasi, namun jika mengonsumsi terlalu banyak dapat mengakibatkan masalah jantung dan tekanan darah tinggi.

Para ahli menyarankan untuk membatasi asupan natrium Anda menjadi 1.500 – 2.300 mg per hari.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button