Gaya Hidup

Lima Cara agar Terhindar dari Tuberkulosis

INDOPOSCO.ID – Selain Covid-19, ada beberapa penyakit yang perlu menjadi sorotan penting selama pandemi, salah satunya adalah tuberkulosis.

Menurut Data Global TB Report 2020, penyakit yang juga menyerang paru-paru ini banyak terjadi di Indonesia dengan jumlah kasus mencapai lebih dari 560 ribu kasus.

Pada tahun 2030, Indonesia memiliki target untuk bebas dari Tuberkulosis. Oleh karena itu, gaya hidup sehat menjadi salah satu kebiasaan yang dapat dilakukan masyarakat Indonesia dapat terhindar dari penyakit menular ini.

“Menjalani hidup sehat sangat penting dilakukan, apalagi di era pandemi saat ini, karena dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi kita semua. Salah satu manfaat kebiasaan hidup sehat, yaitu meningkatkan kualitas kesehatan dan produktivitas diri,” kata dr Asyahidatul Muchlisah Fitriana, Dokter Konsulen Medis Laboratorium Klinik Pramita dalam keterangan resminya, Jumat (26/3/2021), dikutip dari Antara.

Dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia yang jatuh pada 24 Maret, berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan kebiasaan sehat menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

1. Melakukan aktivitas fisik

Meskipun di rumah saja, aktivitas fisik sebaiknya tetap dilakukan secara rutin agar dapat meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh.

Aktivitas fisik dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, seperti jalan kaki atau sembari membersihkan rumah. Tidak hanya untuk kesehatan fisik, olahraga juga dapat membantu mengurangi stres dan mengendalikan
kecemasan.

2. Mengonsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah penting untuk menjaga metabolisme di dalam tubuh. Kandungan yang terdapat di dalam buah dan sayur dapat membantu tubuh untuk mencegah banyak penyakit. Setiap orang disarankan mengonsumsi buah dan sayur sesuai dengan kebutuhan tubuh.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button