Headline

Layanan Telekonsultasi Daring Berikan Kemudahan Pasien Isoman

INDOPOSCO.ID – Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pasien Covid-19 dengan gejala ringan bisa mengakses layanan konsultasi medis secara online untuk memantau perkembangan penyakit yang dideritanya.

“Masyarakat harus memeriksakan kesehatannya di layanan kesehatan (Yankes) yang terafiliasi dengan Kemenkes,” kata Siti Nadia Tarmizi dalam acara daring, Minggu (12/7/2021).

Ia menyebut, layanan kesehatan tersebut baru dapat diakses di wilayah DKI Jakarta. Masyarakat yang sudah memeriksakan kesehatannya, menurut dia, akan mendapatkan notifikasi melalui pesan WhatsApp (WA).

“Hasil laboratorium akan disampaikan melalui WA, dan mereka pasti dinyatakan positif,” ungkapnya.

Pasien Covid-19, dikatakan Nadia akan mendapatkan link dan kode saat menggunakan layanan telemedicine di sebelah platform. Dan, Menurut, pasien terdeteksi sebagai pasien di bawah pantauan Kemenkes.

“Pasien Covid-19 yang tidak bergejala dan tidak memiliki komorbit, maka akan diberikan obat isolasi mandiri (Isoman),” katanya.

“Obat isoman tersebut di antaranya vitamin D, E dan C serta zink untuk isolasi selama 10 hari,” imbuhnya.

Ia menambahkan, vitamin diberikan kepada pasien tanpa gejala (OTG) secara gratis. Sementara mereka dengan gejala ringan tanpa sesak (batuk, pilek dan badan ngilu) diberikan obat antibiotik dan antivirus serta vitamin.

“Untuk pasien dengan gejala sesak harus mendapatkan layanan kesehatan di puskesmas atau rumah sakit (RS),” ucapnya.

Ia menyebut, resep akan diberikan setelah telekonsultasi berupa digital. Pasien cukup berkirim resep digital tersebut ke apotek kimia Farma untuk mendapatkan obat.

“Jangan lupa WA harus disertai kartu tanda penduduk (KTP) dan alamat untuk pengiriman obat,” terangnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button