Nusantara

Lapas Bandung Gagalkan Penyelundupan Narkoba via Makanan Ringan

INDOPOSCO.ID – Lapas Narkotika Kelas IIA Bandung menemukan 9 (sembilan) bungkus plastik yang diduga Narkotika jenis Sabu yang disisipkan di dalam 3 (tiga) bungkus kemasan makanan ringan merek Fitbar dari total 12 (dua belas) bungkus kemasan yang dibawa oleh pengantarnya, Selasa (25/5/2021).

Menurut Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Bandung, Faozul Ansori peristiwa itu bermula ketika seorang pengunjung bernam Deswan Sahbani yang hendak mengantarkan makanan ringan untuk warga binaan bernama Surya Yudi Permana yang menghuni kamar Blok Carli 1 melalui layanan penitipan barang kunjungan.

“Saat petugas melakukan penggeledahan barang yang dititipkan Deswan, petugas mencurigai 3 (tiga) bungkus kemasan makanan ringan merek Fitbar . Saat diperiksa lebih teliti ternyata didalamnya terdapat 9 bungkus plastik yang diduga narkotika jenis Sabu,” kata Faozul.

Dikatakan, petugas kemudian menyusun rencana penjebakan terhadap Surya agar yang bersangkutam tidak bisa mengelak. “Petugas kemudian memasukkan sisa barang titpan pengunjung tersebut agar diambil Surya dengan tujuan agar yang bersangkutan tidak dapat mengelak. Namun setelah Surya ditangkap, diketahui sabu tersebut adalah pesanan narapidana lain yakni Antony bin Iding yang juga menghuni kamar Carli 1.

“Makam kami pun mengambil tindakan mengamankan narapidana Anthony dan melakukan penggeledahan kamar Carli 1 untuk menemukan kemungkinan adanya alat komunikasi yang digunakan oleh narapidana Surya dan Antony. Dari hasil penggeledahan didapati hasil berupa 2 (dua) buah handphone jenis android milik mereka,” ujar kalapas.

Kemudian pihak Lapas berkoordinasi dengan Sat Res Narkoba Polresta Bandung untuk melakukan penyelidikan awal. Dari hasil penyelidikan, Tim Penyidik menemukan keterangan dan bukti yang cukup untuk menaikkan status penyelidikan menjadi penyidikan terkait tindak pidana narkotika. (gin)

Sponsored Content
Back to top button