Nasional

Lantik Perwira TNI-Polri, Jokowi: Lindungi Pancasila dan Jaga Kebhinekaan

INDOPOSCO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 700 perwira TNI-Polri yang telah lulus dari akademi. Pelantikan tersebut dilakukan terbatas dan sesuai protokol kesehatan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (13/7/2021).

Jokowi kemudian berpesan agar menghentikan gesesakan antara TNI-Polri. Dua institusi itu merupakan alat negara yang terdepan dalam menjaga pertahanan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“TNI dan Polri harus bersinergi, harus terus berkoordinasi, harus bergotong royong untuk kepentingan bangsa, negara, dan rakyat Indonesia,” kata Jokowi disiarkan dalam YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Selasa (13/7/2021).

Ia juga mengingatkan para perwira selalu mengikuti pesatnya perkembangan zaman. Mengingat di dunia kemiliteran pasti terjadi perkembangan luar biasa. Baik dalam strategi, dalam taktik, doktrin dan sistem persenjataan.

Ilmu pengatahuan dan teknologi di dunia kepolisian juga semakin canggih. Karenanya ia berpesan dalam memberantas kejahatan digital, penegakan hukum, pemeliharaan keamanan dan ketertiban. Serta perlindungan dan pelayanan masyarakat.

“Semua itu harus dihadapi dengan respons yang cepat, yang cerdas, yang tepat, yang profesional, serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,” imbuh Jokowi.

Harapannya hasil pendidikan selama di akademi dapat menjadi bekal menjadi pemimpin di masa depan. Maka itu, sumber daya manusia (SDM) perwira harus terus ditingkatkan. Sehingga bisa membangun Indonesia berdaulat dan bermartabat.

“Tanggung jawab Saudara-saudara sangat besar. Saudara-saudara harus terus melindungi Pancasila dari gempuran gelombang ideologi dari luar. Saudara harus menjaga Bhinneka Tunggal Ika, menjaga toleransi terhadap perbedaan antaranak bangsa,” pesannya. (dan)

Sponsored Content
Back to top button