Ekonomi

Lahirkan UMKM Kelas Dunia, Menparekraf Apresiasi Program Inkubasi Bisnis Pertamina

INDOPOSCO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiago Salahuddin Uno mengapresiasi program inkubasi bisnis Pertamina untuk melahirkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kelas dunia. Bahkan, sebelumnya UMKM mitra binaan Pertamina telah go global dan mampu memasarkan produk unggulannya ke pasar domestik dan luar negeri.

Pada program Inkubasi Bisnis ini, Pertamina meloloskan 53 UMKM terpilih yang diseleksi dari 8 ribu lebih UMKM yang terdaftar di 30 Rumah BUMN Pertamina yang tersebar di seluruh Indonesia. Selama empat bulan, para peserta diberikan pengalaman dan pengetahuan baru untuk mengembangkan usahanya. Mulai dari ilmu bisnis, desain produk dan branding, pemasaran digital hingga personal branding.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, dari UMKM tersebut akan ditemukan pengusaha yang naik kelas. Dari mikro menjadi kecil, selanjutnya menengah menjadi perusahaan besar dan go global seperti Pertamina.

Selama masa inkubasi bisnis dari Oktober 2020 hingga Februari 2021, hasil penjualan naik hampir Rp2 miliar. Ini, menurut Sandiaga, sebuah prestasi yang luar biasa di tengah situasi pandemi. Karena dalam empat bulan telah menghasilkan 82 persen branding dan packaging yang jauh lebih baik.

“Terima kasih kepada Pertamina yang sudah melaksanakan rumah BUMN Pertamina, prestasi inkubasi master class perjalanan sukses sang pelopor,” ujar Sandiaga dalam keterangan, Rabu (17/2/2021).

Sandi menambahkan, industri dan ekonomi kreatif membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Saat ini sudah hampir 20 juta rakyat Indonesia yang menggantungkan hidupnya di ekonomi kreatif. Kalau ditambah pariwisata 14 juta, totalnya menjadi 34 juta.

“Alhamdulillah Pertamina sudah menginstitusionalisasikan model support system dan ekosistem ini yang mudah-mudahan mempercepat pertumbuhan usaha kecil,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button