Nasional

KY Pastikan Netral Awasi Sidang Rizieq Shihab

INDOPOSCO.ID – Komisi Yudisial (KY) memastikan bersikap independen atau tidak berpihak pada siapa pun dalam mengawasi sidang perkara Muhammad Rizieq Shihab (MRS) baik di dalam ataupun di luar persidangan.

“KY pastikan independen dan akan terus melakukan pemantauan persidangan perkara MRS agar sidang berjalan tertib dan lancar,” kata Ketua KY Mukti Fajar Nur Dewata kepada Antara di Jakarta, Kamis (1/4/2021).

Hal itu disampaikan saat menerima audiensi Dewan Tanfidzi Nasional Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) yang diwakili Haikal Hassan dan Novel Bamukmin terkait permohonan pengawasan sidang perkara MRS.

Mukti dalam paparannya yang didampingi Anggota KY Sukma Violetta dan Binziad Kadafi menjelaskan bahwa KY merupakan lembaga negara mandiri dan tidak di bawah intervensi siapa pun.

Dalam menjalankan tugasnya, KY mengawasi hakim sekaligus menjaga kehormatan serta martabat hakim dari pihak-pihak yang merendahkan hakim.

Ia meminta setiap pihak dan individu untuk memahami hal itu sebab banyak pemahaman publik bahwa tugas KY hanya mengawasi hakim, padahal KY sebagai lembaga yang independen menjalankan pengawasan terhadap hakim dan seluruh pihak dalam proses persidangan.

Senada dengan itu, Sukma Violetta menambahkan sesuai UUD 1945 yang diturunkan dalam UU KY diamanatkan melakukan pengawasan hakim.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button