Nusantara

Kunjungi Lokasi Banjir, Gubernur Jatim Minta Pasang Bronjong di Probolinggo

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo diminta segera memasang bronjong di titik rawan banjir di Sungai Kedunggaleng yang jebol, untuk mengantisipasi banjir susulan.

“Pemprov Jatim telah melakukan koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BPWS) Brantas dan Pemkab Probolinggo yang sudah melakukan perencanaan bahwasannya titik-titik sungai yang rawan harus dibronjong terlebih dulu,” ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Jumat (12/3/2021).

Khofifah mengunjungi lokasi yang terdampak banjir kiriman sekaligus melihat langsung kondisi tanggul Sungai Kedunggaleng yang jebol, sehingga mengakibatkan air meluap ke ribuan rumah warga dan mengunjungi Posko Penanggulangan Bencana Kabupaten Probolinggo di Pendopo Kabupaten Probolinggo, Kamis (11/3/2021) sore.

“Dalam waktu dekat, bronjong yang fungsinya tidak permanen untuk segera dilakukan. Untuk sementara dibronjong dulu dan setelah itu baru dibangun tanggul secara permanen,” ucap Kofifah, dilansir Antara.

Menurutnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BPWS) Brantas sedang mengalokasikan anggaran baik dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim maupun Pemkab Probolinggo, serta jembatan harus dilihat kekuatannya dan opsi menyiapkan mobilitas masyarakat untuk membangun bronjong.

Dalam kesempatan tersebut Khofifah menyerahkan bantuan paket sembako dan kebutuhan lainnya kepada Bupati Probolinggo, selanjutnya bantuan tersebut diserahkan kepada petugas di Posko Penanggulangan Bencana Kabupaten Probolinggo untuk didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak banjir kiriman.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button