Gaya Hidup

Kue Cacah, Panganan Unik dari Ujung Sumatera Barat

INDOPOSCO.ID – Sumatera Barat memang terkenal sebagai surga kuliner di Indonesia. Berbagai jenis masakan mulai dari hidangan berat hingga panganan kecil nan gurih dan menggugah selera banyak ditemui di daerah ini.

Saking beragamnya, masih banyak makanan yang belum dikenal masyarakat umum. Salah satunya kue cacah. Panganan unik khas Nagari Koto Alam, Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota.

Bahan-bahan pembuatnya terbilang sederhana, hanya tepung ketan dicampur garam dan sedikit penyedap untuk menambah gurih rasa.

Menurut Upik (47), salah seorang warga, proses pembuatan panganan ini juga simpel. Setelah semua adonan diaduk dan diberi air secukupnya, lalu dipipihkan sebelum digoreng dalam wajan kecil menggunakan mentega.

“Pertama yang bikin unik sebab proses penggorengan memakai mentega tidak dengan minyak goreng seperti kebiasaan pembuatan kue tradisional. Mentega membuat kue lebih berasa dan tahan lama. Penggorengan satu kue memakan waktu kurang lebih 2 (dua) menit,” ujar Upik seperti dikutip dari Sumbarprov.go.id, Sabtu (31/7/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button