Headline

Kubu Moeldoko Gugat AD/ART ke MA, Pengamat: Pembelajaran Bagi Semua Parpol

INDOPOSCO.ID – Langkah Partai Demokrat kubu Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang dinilai tepat mengajukan, judicial review (JR) atau uji materi terhadap Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga Partai Demokrat Tahun 2020 ke Mahkamah Agung (MA).

“Sangat tepat langkah pihak KLB Partai Demokrat mengajukan Judicial Review terhadap AD/RT Partai Demokrat Tahun 2020 yang telah disahkan Menkumham 18 Mei 2020,” kata Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando Emas dalam keterangannya, Jumat (24/9/2021).

Kementerian Hukum dan HAM juga harus mengevaluasi, standar prosedur diterapkan sebelum mengesahkan hasil Kongres Partai Politik. Terutama, mengenai AD dan ART apakah sudah sesuai dengan UU Partai Politik.

“Pembelajaran bagi semua partai politik agar jangan sampai AD dan ART partainya melampaui UU Partai Politik. AD dan ART semua partai politik harus tunduk pada UU,” tutur Fernando.

Momentum tersebut menjadi pengingat bagi Kementerian Hukum dan HAM melakukan kembali Partai Politik, agar tunduk pada Undang-Undang dan tidak bertentangan sistem demokrasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button