Ekonomi

KSP: Vaksin Beri Sentimen Positif di Bidang Ekonomi

INDOPOSCO.ID – Tenaga Ahli Madya Kedeputian III Kantor Staf Presiden (KSP) Ina Nurmalia Kurniati menyebut, implementasi vaksinasi COVID-19 dan sinergi kebijakan akan memberikan sentimen positif bagi sektor ekonomi Indonesia.

“Ini akan terus mendorong momentum pertumbuhan ekonomi ke depan,” kata Ina Nurmalia Kurniati dalam acara KSP Mendengar seri ke -10 dari Situation Room Gedung Bina Graha seperti dilansir Antara di Jakarta, Selasa (23/2/2021).

KSP pun optimistis bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa berkisar 4,5 persen – 5,5 persen pada 2021, karena sejalan dengan perbaikan ekonomi yang mulai terjadi pada triwulan IV-2020.

KSP Mendengar dengan tema Defisit Anggaran dan Utang Pemerintah ini diambil agar masyarakat benar-benar memahami postur utang dan anggaran Pemerintah, dan tidak terjebak dalam misinformasi yang beredar.

Dalam kesempatan ini, Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo mengatakan Indonesia berhasil menjaga rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dalam 10 tahun terakhir pada level di bawah 30 persen.

Meski begitu, Prastowo juga mengakui rasio tersebut sempat naik pada 2020 seiring dengan bertambahnya utang untuk penanganan COVID-19.

“Karena sebenarnya pembiayaan utang Indonesia stabil sejak 2015. Pada 2020 memang utang lebih besar karena dampak pandemi,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button