Ekonomi

KPK Dorong Optimalisasi Penerimaan Negara di Kepabeanan dan Cukai

INDOPOSCO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong optimalisasi penerimaan negara di bidang perpajakan dan kepabeanan dan cukai. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata dalam kunjungan kerjanya ke Sulawesi Utara dalam rangka koordinasi optimalisasi peneriman negara, Selasa (30/3/2021).

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sulbagtara, Cerah Bangun mengatakan, pihaknya bersama-sama dengan instansi terkait telah sukses dalam mewujudkan direct call ekspor dari Bandara Sam Ratulangi Manado menuju Jepang dan Singapura. Tujuannya, kata dia, untuk meningkatkan volume ekspor, meningkatkan daya saing produk dalam negeri, serta membuka kesempatan produk lokal untuk merambah pasar internasional.

Kelebihan ekspor langsung ini, ujar Cerah, yaitu efisiensi waktu pengiriman karena waktu tempuh yang lebih cepat, efisiensi biaya yaitu biaya logistik yang lebih murah, kepastian slot kargo dan kualitas barang terjaga. Selain itu Bea Cukai Sulbagtara turut mendorong peningkatan ekspor.

“Bea Cukai Sulbagtara berhasil membuka peluang ekspor bagi para UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) di Sulawesi Utara dengan meluncurkan direct call export dari Manado ke Jepang dan Singapura,” ungkap Cerah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button