Nusantara

KPI Usul Beri Gelar Pahlawan ke Pendiri Radio Pertama di Indonesia

INDOPOSCO.ID – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengusulkan pemberian gelar pahlawan nasional di bidang penyiaran kepada pendiri Solosche Radio Vereniging (SRV), Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara VII.

“Pemberian gelar pahlawan nasional di bidang penyiaran sangat layak disematkan pada KGPAA Mangkunegara VII mengingat dedikasinya melahirkan Solosche Radio Vereniging sebagai radio pertama yang dimiliki Bangsa Indonesia,” kata Ketua KPI Pusat Agung Suprio kepada Antara di Solo, Senin (29/3/2021).

Ia mengatakan siaran SRV juga digunakan oleh Mangkunegara VII sebagai alat perjuangan menuju kemerdekaan bangsa dan media melestarikan budaya Indonesia.

“Melalui SRV inilah Mangkunegara VII juga menunjukkan eksistensi budaya nusantara kepada dunia,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap pemerintah dapat memberikan dukungan atas usulan dari KPI serta berbagai pemangku kepentingan penyiaran ini.

Sementara itu, sebagai bagian dari napak tilas sejarah penyiaran di Indonesia, pada Minggu (28/3) dilakukan kegiatan sepeda santai dalam rangka “Napak Tilas Sejarah Penyiaran Indonesia” yang menjadi rangkaian kegiatan peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke-88.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button