Nusantara

Kotabaru Bersiap Bangun KEK Mekar Putih

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, segera menyiapkan diri dalam menyosong disetujuinya Mekar Putih di Kecamatan Pulau Laut Barat sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK) oleh pemerintah pusat.

Sekretaris Daerah Kotabaru, H Said Akhmad mengatakan selama ini Kotabaru terpaku pada sumber daya alam (SDA) saja, setiap ekspor selalu barang mentah dan tidak pernah barang jadi.

“Konsep tersebut kami telah ubah agar Kotabaru menjadi daerah industri, sehingga barang yang diekspor adalah barang jadi, dan konsep tersebut disetujui pemerintah pusat bahwa Mekar Putih menjadi kawasan ekonomi khusus,” kata Sekda Kotabaru, Ahad.

Dengan telah ditetapkan menjadi kawasan ekonomi khusus, daerah harus menyiapkan diri, salah satunya memberikan kemudahan-kemudahan perizinan bagi investor, atau perusahaan yang akan masuk ke Kotabaru.

“Kita semua harus berkomitmen untuk memberikan kemudahan izin terkait investasi yang akan masuk, jangan sampai ada investor yang merasa dipersulit, atau merasa tidak nyaman, karena sikap dan perilaku kita,” pintanya.

Sekda juga mengajak masyarakat Kotabaru untuk tidak jadi penonton, tetapi menyiapkan diri sebagai pelaku yang bisa memberikan kontribusi mewujudkan KEK Mekar Putih, misalnya, menyiapkan tenaga kerja lokal yang terampil dan profesional.

“Kita juga meningkatkan kapasitas Balai Latihan Kerja (BLK), untuk menyiapkan tenaga kerja lokal menjadi sumber daya yang terampil dan profesional,” ujarnya.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah menjalin kerja sama dengan BLK-BLK di Indonesia, seperti Bekasi, Samarinda dan yang lainnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button