Internasional

Korsel Hapus Kewajiban Tes Covid Bagi Warga Asing

INDOPOSCO.ID – Otoritas di Ibu Kota Korea Selatan, Seoul, akan mencabut ketentuan kontroversial yang mewajibkan semua pekerja asing menjalani tes virus corona. Langkah itu diambil setelah protes bermunculan dan memicu keluhan dari kalangan kedutaan asing, juga sorotan soal hak asasi manusia.

Kantor pusat untuk pengendalian pandemi negara itu mengatakan telah meminta pihak berwenang Kota Seoul untuk mencabut perintah tersebut dan meningkatkan kebijakan soal tes Covid guna menghindarkan diskriminasi atau pelanggaran hak.

“Permintaan itu untuk mencegah upaya anti-Covid-19 menyebabkan diskriminasi atau pelanggaran hak asasi manusia terhadap warga negara dan warga negara asing,” kata kantor pusat itu seperti dikutip Antara, Sabtu (20/3/2021).

Namun, otoritas kota masih merekomendasikan agar tes Covid dilakukan pada pekerja asing maupun Korea Selatan di tempat-tempat kerja yang “berisiko tinggi”. Pencabutan aturan itu terjadi saat Komisi Nasional HAM membenarkan bahwa pihaknya sedang menyelidiki apakah kebijakan beberapa pemerintah daerah –soal semua pekerja asing harus menjalani tes virus corona– adalah tindakan yang diskriminatif.

Seoul dan provinsi di sekitarnya, Gyeonggi, termasuk di antara pemerintah daerah yang memerintahkan tes semacam itu hingga dihujani kritik oleh kalangan anggota parlemen Korea Selatan, pejabat universitas, dan duta besar asing.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button