Internasional

Konflik Afghanistan, Jerman Fokus Evakuasi 10.000 Orang

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Jerman harus fokus untuk mengevakuasi hingga 10.000 orang yang menjadi tanggung jawabnya dari Afghanistan. Demikian yang ditegaskan Kanselir Angela Merkel kepada rekan- rekan partainya, dan memperingatkan dampak dari konflik akan berlangsung untuk waktu yang sangat lama.

Pernyataan yang dibuat pada pertemuan tertutup partai Kristen Demokrat pada Senin (16/8/2021) dan disampaikan oleh peserta pertemuan, mencerminkan kekhawatiran yang berkembang tentang pertumpahan darah di Afghanistan setelah Taliban merebut Ibu Kota Kabul dan menyatakan perdamaian.

“Kita sedang menyaksikan masa- masa sulit. Sekarang kita harus fokus pada misi penyelamatan,” kata Merkel dilansir Reuters melalui Antara.

Dia mengatakan, Jerman mungkin perlu mengevakuasi sebanyak 10. 000 orang dari Afghanistan, termasuk 2.500 staf pendukung Afghanistan serta aktivis hak asasi manusia, pengacara, dan lainnya yang menurut pemerintah berisiko jika mereka tetap berada di negara itu.

Dia menambahkan bahwa Jerman harus bekerja sama dengan negara-negara yang berbatasan dengan Afghanistan untuk mendukung mereka yang melarikan diri dari negara itu sekarang. “Isu ini akan membuat kita sibuk untuk waktu yang sangat lama,” ujar Merkel.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button