Nasional

Komnas Sebut Ada Dugaan Pelanggaran HAM Serius Pada 75 Pegawai KPK Nonaktif

INDOPOSCO.ID – Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) telah menerima surat dari 75 pegawai KPK yang dinonaktifkan/ dinonjobkan. Pernyataan tersebut diungkapkan Komisoner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam melalui gawai, Rabu (26/5/2021).

Ia mengaku, Komnas HAM tengah mendalami laporan 75 pegawai KPK tersebut. Dari laporan tim sendiri, menurutnya, melihat ada dugaan pelanggaran HAM. Terkait prosedur hukum, baik sebelum wawancara, saat wawancara dan pascawawancara.

“Kami juga menemukan ada intimidasi yang tidak ada kaitannya dengan soal pemberantasan korupsi dan nilai-nilai kebangsaan,” ucapnya.

Lebih jauh dia mengungkapkan, ada delapan dugaan pelanggaran HAM. Secara faktual, pelanggaran tersebut akan terus didalami.

“Kita akan lakukan pengembangan, karena ada yang cukup serius. Yakni stigmanisasi, di dalam HAM ini sangat serius,” katanya.

Ia mengingatkan, agar semua pihak menghilangkan stigma tersebut. Bagaimana dalam pengumuman tersebut ada stigma seseorang merah, dan tidak bisa dibenahi.

“Ini akan kami dalami, kami minta pimpinan KPK agar kooperatif kepada Komnas HAM. Agar publik mendapatkan informasi yang transparan,” ucapnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button