Headline

Komnas HAM Jamin Keamanan dan Pemulihan Psikis Korban Perundungan KPI

INDOPOSCO.ID – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memastikan, korban perundungan dan pelecehan seksual yang menimpa pegawai Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mendapatkan keadilan.

“Yang jelas Komnas HAM akan memastikan korban mendapat proses hukum yang transparan, adil serta akuntabel. Artinya setiap prosesnya bisa dipertanggung jawabkan. Sesuai hukum di Indonesia,” kata Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara di Jakarta, Kamis (2/9/2021).

Ia menyatakan, korban perundungan tersebut harus dipastikan mendapat pemulihan. Mulai pemulihan psikis, soal trauma, pemulihan kesehatan karena dari pengakuan korban beberapa kali diperiksa di rumah sakit.

anymind

“Memang ada indikasi gangguan kesehatan. Sehingga harus dipulihkan,” ujar Beka.

Pihaknya bakal menjamin memberikan perlindungan kepada korban pelecehan di Kantor KPI. Mengingat pria berinisial MS itu berpotensi mendapat ancaman setelah mengungkap dugaan pelecehan.

“Termasuk perlindungan keamanan, bagaimana pun juga korban dengan mengungkap kejadian seperti ini, meskipun kejadian lama. Tapi, ada potensi kemudian terancam HAM atas rasa aman,” jelas Beka.

Kasus penindasan dan pelecehan seksual terungkap setelah korban berinisial MS menuliskan kejadian yang menimpa dirinya dengan semasa pegawai KPI.

Korban mengaku perundungan dimulai sejak tahun 2012 lalu. Korban kerap mendapat  pukulan, caci maki, bahkan dilecehkan. Dia mengalami pelecehan seksual tahun 2015 dengan memegangi kepala, tangan, kaki hingga menelanjangi.

Bahkan organ intim korban dicoret dengan spidol dan didokumentasikan oleh pelaku. MS mengaku trauma dengan kejadian tersebut. (dan)

Sponsored Content
Back to top button