DiswayNasional

Komnas HAM Bakal Periksa Korban Perundungan dan Pelecehan Seksual KPI

INDOPOSCO.ID – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) bakal memanggil korban perundungan dan pelecehan seksual di lingkungan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), pria berinisial MS untuk mengambil keterangan.

MS sedianya memberikan keterangan pada, Kamis (2/9/2021) kemarin. Namun, dia harus melakukan proses tambahan atas laporannya di Mapolres Metro Jakarta Pusat.

“Tadi saya sudah komunikasi dengan pendamping hukumnya, saya menyediakan waktu pagi jam 10,” kata Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM Beka Ulung Hapsara, dalam keterangan virtual, Jumat (3/9/2021).

Pihaknya memprioritaskan menggali keterangan dari korban, setelah itu baru menyusun rencana pemanggilan dari sejumlah pihak terkait. Seperti pihak KPI, kepolisian hingga terduga pelaku.

“Kami memprioritaskan keterangan dari korban terlebih dahulu, terus setelah itu kami meminta keterangan dari KPI, kepolisian dan terduga pelaku. Secepatnya,” tandas Beka.

Beredar pesan berantai di WhatsApp soal dugaan pelecehan seksual yang terjadi di KPI Pusat. Dalam pesan itu, korban yang mengaku bernama MS bahkan sudah pernah mengadukan ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia pada 2017.

Dalam pesan tersebut, korban yang merupakan seorang pria mengaku sudah mengalami perundungan sejak 2011, sejak bergabung dengan KPI. Ia mengatakan sejak itu, kerap ditindas beberapa seniornya. Dalam pesan tersebut, MS mencantumkan nama pelaku. (dan)

Sponsored Content
Back to top button