Gaya Hidup

Komitmen Ini yang wajib Dimiliki Owner Hewan Peliharaan Pemula

INDOPOSCO.ID – Pemilik hewan peliharaan pemula harus memiliki tiga komitmen, sehingga dapat menjamin kebahagiaan dan kesejahteraan hewan selama tinggal bersama owner-nya. Dengan memenuhi komitmen itu, pemilik telah memenuhi hak asasi hewan yang juga diatur dalam UU negara. Demikian ditegaskan Praktisi Nutrisi Hewan drh Novi Wulandari yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dalam konferensi pers virtual, Jumat (6/8/2021).

“Pertama jelas harus komitmen waktu. Jadi pada saat punya hewan peliharaan itu harus diurus benar-benar ya,” ujar dokter Novi.

Seringkali tanpa komitmen waktu, owner tidak bisa menjaga kesehatan serta kebersihan peliharaannya. Ketika sudah dalam kondisi yang tidak terawat serta terurus itu akhirnya banyak hewan yang dibuang karena sudah tidak lagi cantik atau pun tidak lagi sehat.

Karena itu, komitmen waktu penting untuk memastikan kondisi fisik serta mental hewan peliharaan tetap baik. Berikutnya merupakan komitmen keuangan, komitmen ini berkaitan dengan biaya makanan hewan termasuk untuk mengecek kondisi kesehatan hewan secara teratur.

Hewan yang rutin memperoleh pemeriksaan medis minimal dalam satu tahun dua kali atau tiap enam bulan sekali tentunya memiliki jangka waktu serta kualitas hidup yang lebih baik.

“Ini misalnya seperti pemberian vaksin. Jadi jangan tunggu sakit dulu baru ke dokter hewan. Ke dokter hewan itu selain memenuhi kebutuhan vaksinasi ada juga kebutuhan antiparasit yang harus diberikan secara kontiniu. Walaupun hewan peliharaan hanya berada di dalam rumah, sering kali ada serangga yang sulit terlihat oleh mata seperti kutu atau cacing itu bisa menjangkiti anak bulu,” tutur dokter Novi seperti dikutip Antara, Jumat (6/8/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button