Nasional

Koalisi Partai Islam Harus Tanggalkan Ego

INDOPOSCO.ID – Pengamat Komunikasi Politik M. Jamiluddin Ritonga mengatakan, munculnya gagasan koalisi partai Islam mendapat respon baik dari masyarakat. Namun terwujudnya gagasan tersebut, menurutnya, tidak mudah.

“Sejarah sudah membuktikan, partai Islam di Indonesia sulit bersatu. Partai Masyumi di era Orde Baru mengindikasikan hal itu,” ujar Jamiluddin Ritonga melalui gawai, Kamis (22/4/2021).

Ia mengatakan, untuk kondisi saat ini, koalisi PPP dan PKS tampaknya tak ada masalah. Selama hubungan kedua partai tersebut pada umumnya berjalan baik.

PBB memang antusias mendukung koalisi partai Islam. Namun, kemungkinan padunya Yusril Izha Mahendra dengan Muhaimin juga masih tanda tanya.

“Hubungan PKB dan PKS selama ini tampak tidak baik. Bahkan hubungan kedua partai ini ibarat air dan minyak yang sulit dipersatukan,” katanya.

Partai Islam PAN, dikatakan dia sudah menyatakan tidak tertarik ikut dalam koalisi tersebut. Padahal selama ini hubungan PAN dengan PKS dan PPP relatif baik. Sementara Partai Ummat yang dimotori Amien Rais juga menyambut dingin gagasan koalisi partai Islam.

“Petanya hubungan antar partai Islam tampak demikian. Kecenderungan ini memang membuat pesimis terbentuk koalisi partai Islam pada Pilpres 2024 nanti,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button