Nasional

KKP Latih 100 Pembudidaya Ikan Air Tawar di Cilacap

INDOPOSCO.ID – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melatih sekitar 100 pembudidaya di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dalam rangka meningkatkan produksi budidaya ikan air tawar sebagai pengganti ikan laut yang mengalami kecenderungan overfishing atau penangkapan berlebih.

“Kecenderungan overfishing pada sektor perikanan tangkap semakin hari semakin memaksa usaha budidaya ikan air tawar untuk terus bertumbuh kembang agar meningkatkan produksi ikan air tawar sebagai substitusi ikan laut,” kata Kepala Badan Riset dan SDM KKP Sjarief Widjaja dalam siaran pers di Jakarta, seperti dilansir Antara Rabu (26/5/2021).

Guna menyiapkan pembudidaya yang kompeten, ujar dia, KKP terus mendorong peningkatan kapasitas SDM, salah satunya melalui penyelenggaraan berbagai pelatihan bagi pelaku utama kegiatan kelautan dan perikanan seperti Pelatihan Pembesaran Ikan Air Tawar bagi Masyarakat Perikanan di Cilacap, 22-23 Mei 2021.

Difasilitasi oleh Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BP3) Tegal, pelatihan diikuti oleh 100 orang peserta yang merupakan pembudidaya ikan di Kabupaten Cilacap. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, pelatihan diadakan menggunakan metode blended online atau daring hibrida.

Melalui kegiatan pelatihan, peserta ditujukan untuk dapat menumbuhkembangkan perikanan budidaya di daerahnya secara terintegrasi dari hulu ke hilir, sehingga terbentuk kampung-kampung perikanan yang mengangkat potensi dan keunggulan sektor perikanan dari Kabupaten Cilacap.

“Meski saat ini konsumsi ikan lebih banyak dipasok oleh ikan laut, namun pada tahun-tahun mendatang produksi ikan air tawar akan menyalip produksi perikanan tangkap. Hal ini didasari oleh supply ikan laut yang terus berkurang sementara demand (permintaan) konsumsi ikan akan terus meningkat,” ucap Sjarief.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button