Nasional

KKP Hadirkan Inovasi Layanan Elektronik Perjanjian Kerja Laut

INDOPOSCO.ID – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperkenalkan inovasi layanan elektronik perjanjian kerja laut (e-PKL) untuk awak kapal perikanan, sebagai bentuk kemudahan untuk pelaku usaha perikanan tangkap nasional.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP Muhammad Zaini dalam siaran pers kepada Antara di Jakarta, Senin (13/9/2021), menjelaskan upaya yang dilakukan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap KKP juga dinilai sejalan dengan Undang-Undang No 11 Tahun 2020 mengenai Cipta Kerja.

Menurut dia, adanya layanan e-PKL ini membuat pemilik kapal perikanan semakin mudah dalam membuat PKL secara mandiri.

“PKL merupakan salah satu persyaratan dalam penerbitan surat persetujuan berlayar (SPB). Selain itu juga menjadi ikatan antara pemilik kapal perikanan selaku pemilik kapal perikanan dengan awak kapal perikanan yang dipekerjakan di atas kapal perikanan,” jelas Dirjen Perikanan Tangkap KKP.

Dalam PKL, tutur Zaini, dikatakan perlindungan terhadap risiko kerja serta pemenuhan hak- hak bagi awak kapal perikanan selama bekerja di atas kapal perikanan. Selain itu juga risiko usaha bagi pemilik kapal perikanan.

“Layanan e-PKL ini akan terintegrasi dengan aplikasi sistem penerbitan SPB (TemanSPB). Tidak hanya memudahkan, layanan ini juga mempersingkat waktu pemilik kapal perikanan untuk mendaftar awak kapal perikanan (crew list) yang akan dilakukan penyijilan oleh syahbandar di pelabuhan perikanan,” paparnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button