Headline

KKB Pimpinan Lamek Taplo Bakar Fasum di Okhika

INDOPOSCO.ID – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Lamek Taplo dilaporkan melakukan pembakaran terhadap fasilitas umum (fasum) yang ada di Distrik Okhika, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Selasa (14/9/2021).

“Memang benar ada laporan KKB kembali melakukan pembakaran, namun kini bergeser ke Okhika yang letaknya berdekatan dengan Kiwirok,” kata Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri seperti dikutip Antara, Selasa (14/9/2021).

Ia membenarkan, dari informasi yang diperoleh, fasilitas umum yang dibakar KKB di antaranya puskesmas beserta rumah tenaga kesehatan, gedung SD dan SMP beserta rumah guru, dan balai desa.

Belum dipastikan situasi warga sipil termasuk guru dan tenaga kesehatan yang bekerja di area itu, sebab terbatasnya sarana komunikasi. “Kami sudah minta Kapolres berkoordinasi dengan Bupati Pegunungan Bintang, agar diketahui kondisi terakhir di wilayah itu,” kata Fakhiri.

Irjen Fakhiri melaporkan, tadinya KKB pimpinan Lamek Taplo melakukan pembakaran dan pemanahan tenaga kesehatan yang bekerja di Kiwirok. Sebab itu, Polda sudah menurunkan Satgas Nemangkawi untuk melakukan penguatan pengamanan dan tim sudah berada di Oksibil, ibu kota Kabupaten Pegunungan Bintang.

Tidak hanya itu, pasukannya juga akan diperkuat oleh Brimob Polda Papua, tetapi belum dipastikan kapan akan diberangkatkan mengingat untuk mencapai Kiwirok hanya bisa menggunakan pesawat berbadan kecil atau berjalan kaki sepanjang 3 hari dari Oksibil. Maka jika Lapangan Terbang Kiwirok dinyatakan aman untuk penerbangan, maka pasukan akan langsung dikirim. (mg4/wib)

Sponsored Content
Back to top button