Nasional

Kisruh TWK KPK, Komnas HAM Periksa Pegawai

INDOPOSCO.ID – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) masih memeriksa delapan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) perihal dugaan pelanggaran HAM dalam pelaksanaan tes wawasan kebangsaan (TWK).

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengatakan, pemeriksaan itu dilakukan guna mendalami proses seleksi asesmen tes wawasan kebangsaan sebagai alih status menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Jadi kami melakukan pendalaman keterangan atas materi aduan yang sudah disampaikan. Materinya terkait dengan proses yang ada. Artinya dari proses awal tes wawasan kebangsaan,” kata Beka di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Selain itu untuk mengetahui dasar kebijakan yang dijadikan oleh pimpinan KPK dan lembaga terkait seperti halnya BKN dan BNPT dalam melaksanakan tes tersebut.

“Artinya mengkonfirmasi terkait UU ASN, terus peraturan KPK maupun juga peraturan-peraturan yang lain yang digunakan selama proses yang ada,” beber Beka.

Dari jumlah pegawai yang mengkonfirmasi akan hadir pada hari ini, baru ada tiga orang yang hadir dan menjalani pemeriksaan.

Saya kira untuk bisa mendapatkan hasil yang obyektif, rekomendasi dan temuannya, sehingga harus meminta keterangan semua pihak,” tutur Beka.

Komnas HAM juga telah melakukan pemeriksaan terhadap pegawai KPK pada, Senin (31/5/2021) termasuk penyidik senior KPK Novel Baswedan pada Jumat (28/5).

Sebelumnya dikabarkan, Komnas HAM bakal menyelidiki kepatuhan KPK dalam pemenuhan standar dan norma hak asasi manusia terkait kebijakan TWK. (dan)

Sponsored Content
Back to top button