Nasional

Kisah Bocah Vino, Remaja BSS, dan Kementerian Sosial

INDOPOSCO.ID – Dalam penanganan dampak Pandemi Covid-19, Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan perhatian luas, khususnya terhadap kasus anak terpisah dari orang tuanya yang meninggal terpapar Covid-19 atau dirawat dalam ruang isolasi.

“Kemensos sudah menyusun protokol pengasuhan anak terdampak Covid-19 yang bekerja sama dengan lembaga lain maupun pemerintah daerah (pemda). Intinya kita hendak memastikan ketika ada orang tua dirawat di RS (rumah sakit), maka RS bertanya apakah ada anak di rumah dan siapa yang mengasuh, untuk kemudian dilaporkan ke Dinas Sosial dan diurus,” kata Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Eka Kanya Santi dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (4/8/2021).

Kanya meyakini pandemi telah memunculkan beberapa kasus keterpisahan anak, baik karena orang tua isolasi mandiri, dan dirawat karena terpapar Covid-19, atau orang tua meninggal, sehingga hal tersebut perlu menjadi perhatian bagi jajaran Kemensos.

Ia menjelaskan, baru-baru ini, Kemensos memberikan perhatian kepada bocah Vino (10) yang menjadi yatim piatu karena ibu dan bapaknya meninggal terpapar Covid-19. Hidup sebatang kara, Vino dijemput Mbah Yatin atau biasa dipanggil Kakung oleh Vino, yakni kakek Vino dari keluarga almarhumah ibunya.

Pada kasus Vino, didampingi Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos) dari Kabupaten Sragen Januri dan difasilitasi Dinas Sosial Kabupaten Sragen, Mbah Yatin datang menjemput ke kediaman Vino, di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Setelah ziarah ke makam anak dan menantunya di Kutai Barat, Mbah Yatin dan Vino, bersiap terbang ke Sragen, Jawa Tengah.

Diantar langsung rombongan Dinas Sosial Kabupaten Kutai Barat menuju Bandara Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan, Mbah Yatin bersama Vino dan Sakti Peksos Januri berangkat menuju Bandara Juanda Surabaya. Selanjutnya mereka dijemput oleh staf Dinas Sosial Kabupaten Sragen untuk kembali ke rumahnya di Desa Gringging, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button