Gaya Hidup

Kiat Tetap Kalem Dikala Sedang Stres

INDOPOSCO.ID – Psikolog dari Universitas Indonesia, Deasy M. Amrin, S. Psi memberikan kiat agar Anda tetap kalem, cool, saat sedang stres, salah satunya dengan menikmati setiap tantangan yang dihadapi.

“Untuk stay cool saat sedang stres, kita perlu mengelola stres dengan menyadari kesulitan kita, tetap fit, dan menikmati tiap tantangan yang kita hadapi. Dengan begitu kita bisa memiliki kesejahteraan dan kesehatan mental,” kata dia dalam siaran pers Ikatan Alumni Universitas Indonesia( ILUNI UI), dikutip Minggu (12/9).

Deasy mengatakan, umumnya terdapat dua tahapan untuk mengelola stres yaitu menyadari adanya stres pada diri lalu mengelolanya dengan memodifikasi lingkungan, pikiran dan fisik.

Modifikasi lingkungan artinya mengendalikan situasi lingkungan mulai dari mengantisipasi hingga menyelesaikan pemicu dari stres namun tidak boleh menghindar.

Modifikasi pikiran berarti menjadi lebih positif, mengurangi sugesti negatif untuk meningkatkan relaksasi. Lalu, modifikasi fisik berupa menjaga tubuh lebih fit dengan berolahraga, sebab tubuh yang sehat lebih mudah untuk mengelola stres.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button